Tujuan Organisasi Secara Umum Serta Alasan dan Manfaat Mengikuti Organisasi di Kampus

tujuan organisasi secara umum serta alasan dan manfaat mengikuti organisasi di kampus
berorganisasi perantara kesuksesan

Kata organisasi sudah tidak asing lagi bagi telinga kita. Di desa, sekolah, ataupun kampus kita pasti selalu mendengar kata ini. Namun di sini saya akan membahas tentang Tujuan Organisasi Secara Umum Serta Alasan dan Manfaat Mengikuti Organisasi di Kampus. Untuk mengetahui pengertian organisasi secara umum sendiri rekan-rekan bisa klik di sini.
Langsung saja kita bahas satu per satu ya rekan-rekan sekalian.

Tujuan Organisasi Secara Umum


Apa sih sebenarnya tujuan organisasi secara umum itu sendiri? Di sana-sini kita selalu menyebut dan mendengar organisasi, tapi apakah kita tahu apa tujuannya? Berikut penjelasannya.
Dalam buku Dasar-Dasar Organisasi-nya Sutarto (1998:14) disebutkan, Herbert G. Hicks (1967:60) menjelaskan bahwa tujuan organisasi secara umum adalah arah terakhir di mana semua kegiatan organisasi diarahkan, yang diperlukan sebelumnya untuk menetapkan haluan, prosedur, metode, strategi, dan peraturan. 

Hicks juga mengemukakan bahwa tujuan organisasi merupakan tempat tujuan pasti dari organisasi; mereka bergerak ke depan secepat mereka dapat mencapainya.
Jadi secara umum, tujuan organisasi dibentuk untuk lebih mengoptimalkan perjalanan organisasi itu sendiri, yang mana tujuan tersebut merupakan visi organisasi atau hal yang ingin dicapai bersama oleh orang-orang di dalamnya.

Bacalah:10 Pengertian Koordinasi Menurut Para Ahli dan 13 Manfaatnya dalam Sebuah Organisasi

Alasan Mengikuti Organisasi di Kampus


Apakah rekan-rekan tahu kenapa sebagian orang di sekitar anda mengikuti organisasi? Apakah alasan mereka mengikuti organisasi? Mungkin setelah ini rekan-rekan akan mendapatkan jawabannya. Simak ulasan berikut!

Membutuhkan Orang Lain


Yang rekan-rekan perlu ketahui adalah bahwa manusia itu manusia sosial. Artinya manusia sangat membutuhkan manusia lainnya untuk bertahan dan menjalani kehidupan. Bayangkan ketika dalam situasi sulit atau dalam masalah, rekan-rekan sebelumnya tidak pernah sama sekali berinteraksi dengan orang di sekitar rekan-rekan. Apa yang akan terjadi? Rekan-rekan akan bingung harus meminta tolong kepada siapa bukan? Nah, di sini organisasi menjawab kebingungan rekan-rekan. Dengan berorganisasi, rekan-rekan dapat berinteraksi dan berhubungan sosial dengan manusia lainnya agar di masa yang akan datang, pada saat rekan-rekan membutuhkan pertolongan, teman rekan-rekan akan siap dan bersedia membantu.

Dituntut Untuk Ikut


Pernahkah rekan-rekan dipaksa untuk mengikuti sebuah organisasi? Di sekolah misalnya. Rekan-rekan harus mengikuti salah satu organisasi di sekolah, contoh OSIS. Hal ini dibuat tuntutan atau kewajiban bagi siswa agar mereka terbiasa berinteraksi dan menumbuhkembangkan kemampuan diri mereka. Selain itu juga untuk menambah nilai pada hasil akhir pembelajaran atau rapor.

Keadaan


Tidak dapat dipungkiri, terkadang seseorang ikut organisasi karena keadaan yang menyebabkan seseorang harus berorganisasi. Contohnya adalah pada masa Indonesia dijajah. Di daerah-daerah di Indonesia pada waktu itu pasti terdapat sebuah organisasi kepemudaan di daerah yang bertujuan untuk melawan imperialisme penjajah, seperti Jong Java (organisasi kepemudaan Jawa), Jong Minahasa (organisasi kepemudaan Minahasa), Jong Ambon (organisasi kepemudaan Ambon, Maluku), dan lain-lain. Tidak hanya organisasi kepemudaan daerah, ada banyak organisasi-organisasi yang membuat seseorang harus ikut, seperti Laskar Hizbullah dan lain-lain.

Mencari Kesibukan

tujuan-organisasi-secara-umum-serta-alasan-dan-manfaat-mengikuti-organisasi-di-kampus
ilustrasi mencari kesibukan

Seseorang mengikuti organisasi kadang kala juga karena kerenggangan hari-harinya. Tidak memiliki kesibukan yang bermanfaat atau sangat kesepian dengan kehidupannya sendiri. Sehingga mereka menjadikan organisasi sebagai pelarian agar mendapatkan kesibukan dan sekaligus belajar.


Bacalah: 20 Pengertian Organisasi Secara Umum Menurut Para Ahli

Manfaat Mengikuti Organisasi di Kampus


Seorang mahasiswa tidak lagi asing dengan organisasi. Karena organisasi di kampus itu sangatlah kompleks, bahkan ada statement bahwa kampus merupakan miniatur negara karena ada badan eksekutif dan legislatif. Adapun manfaat mengikuti organisasi di kampus adalah sebagai berikut:

Menambah Relasi


Ketika kita sudah masuk ke dalam kampus dan menjadi mahasiswa, kita diharuskan (menurut saya) untuk mengikuti organisasi di dalamnya, entah itu organisasi ekstra kampus, intra kampus, maupun unit kegiatan mahasiswa (UKM). Mengapa harus? Karena teman yang kita kenal selama kuliah tidak cukup hanya dari sesama jurusan ataupun fakultas saja, melainkan kita membutuhkan hubungan-hubungan (relations) dengan fakultas lain bahkan kampus lainnya juga. Untuk apa kenal mereka? Untuk memudahkan kita ketika sudah lulus dari kampus, misalnya saat mau mencari pekerjaan, membutuhkan bantuan, dan lain sebagainya. Relasi sangat penting ketika kita sedang menjadi mahasiswa, dan tak lain yang paling efektif adalah mengikuti organisasi kemahasiswaan di kampus.

Menambah Wawasan


Haruskah kita hanya terfokus pada satu titik saja ketika kuliah? Misalnya hanya menekuni bidang dari jurusan kita. Ketika mahasiswa hanya menekuni satu titik saja dan melupakan titik yang lain, maka yang terjadi adalah wawasan yang stagnan (mandeg). Namun, ketika kita mahasiswa mengikuti organisasi, maka wawasan kita akan semakin luas seiring berjalannya waktu dan berproses di dalam organisasi. Karena bagaimanapun pada saat kita telah lulus, di lapangan (pengabdian pada masyarakat/pulang ke kampung halaman sendiri) yang terjadi sangat berbeda dengan apa yang kita pelajari di bangku kuliah. Dan di organisasi ada banyak kemungkinan kita mendapatkan yang lebih dari sebatas pengetahuan di kelas saja.

Melatih Public Speaking


Dalam organisasi, kita sering menjadi seorang moderator atau master of ceremony (MC). Menjadi seorang moderator merupakan tugas yang sulit bagi orang-orang yang tidak terbiasa, walaupun itu mahasiswa, karena langsung berhadapan dengan banyak orang. Di organisasi kita dengan sendirinya akan terbiasa berbicara di depan banyak orang, karena penugasan-penugasan seperti itu tidak hanya ditujukan kepada satu orang saja. 

Bahkan dalam organisasi kemahasiswaan, seperti PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia), HMI (Himpunan Mahasiswa Islam), GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia), dan organisasi ekstra kampus lainnya itu memiliki satu fitur yang sangat sangar atau garang, yaitu adanya orasi. Orasi yang dilakukan mahasiswa-mahasiswa itu biasa dilakukan ketika demonstrasi atas kebijakan pemerintah atau yang lain. Dari fitur organisasi itulah kita dapat melatih kemampuan berbicara kita di depan publik.


Bacalah: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri, dan Unsur-Unsur Organisasi

Mencapai Tujuan Pribadi


Tidak sedikit mahasiswa yang ikut organisasi hanya karena ikut-ikutan saja, entah karena pacar, teman, atau tuntutan. Namun tidak kalah banyak juga mahasiswa yang mengikuti organisasi karena tujuan pribadi mereka sesuai dengan tujuan atau model organisasi tersebut. Contoh organisasi ekstra kampus Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). Mahasiswa akan masuk ke dalam organisasi tersebut karena merasa tujuan atau model organisasinya sesuai dengan tujuan pribadinya. 

Misalnya karena mahasiswa tersebut background-nya adalah Nahdlatul Ulama (NU) kemudian dia tertarik untuk masuk IPNU. Atau karena mahasiswa itu memiliki tujuan agar menjadi akademisi yang berakhlak mulia, dan juga dia lama di lingkup Muhammadiyah, dan IMM juga memiliki tujuan yang sama dengannya, bisa jadi karena kecocokan tujuan tersebut lah mahasiswa tersebut masuk ke dalam IMM. Sehingga dengan mengikuti organisasi, maka tujuan pribadi akan juga dicapai oleh mahasiswa.

Menemukan Jati Diri


Mengikuti organisasi di dalam kampus akan dapat membantu kita dalam pencarian jati diri. Proses-proses yang kita lakukan di dalamnya membuat kita mengerti dan menemukan passion yang tepat untuk diri kita. Contohnya, ketika organisasi membuat acara dan rekan-rekan ditunjuk untuk menjadi sekretaris, dalam beberapa acara rekan yang selalu menjadi sekretaris karena kepercayaan teman-teman rekan, maka kemungkinan besar passion kepenulisan, administrasi, marketing, dan lain-lain merupakan jati diri rekan, passion yang tepat dan terus bisa rekan kembangkan.

Masih bingung dengan Tujuan Organisasi Secara Umum Serta Alasan dan Manfaat Mengikuti Organisasi di Kampus? Semoga tidak bingung lagi ya rekan. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "Tujuan Organisasi Secara Umum Serta Alasan dan Manfaat Mengikuti Organisasi di Kampus"