ToT Jadi Jembatan Pemantapan Kaderisasi di PKPT Ibrahimy

tot-jadi-jembatan-pemantapan-kaderisasi-di-pkpt-ibrahimy
Peserta Training of Trainer PKPT IAI Ibrahimy


Srono, - Setiap organisasi pasti memiliki kaderisasi (pengkaderan) di dalamnya. Kaderisasi di dalam organisasi wajib adanya, karena merupakan ruh dari organisasi itu sendiri. PKPT (Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi) IAI Ibrahimy Genteng – Banyuwangi, pada 25 – 27 September 2020 kemarin menggelar kaderisasi non formal, yakni Training of Trainers (ToT) yang bertempat di kantor PC LP Maarif Banyuwangi (Kebaman, Srono).

Dari wawancara bersama Ketua PKPT IPNU Ibrahimy, Muhammad Nasrullah menjelaskan bahwa ToT ini diselenggarakan untuk menciptakan fasilitator di tubuh PKPT, guna meningkatkan sumber daya manusia serta memaksimalkan pangkaderan bagi anggota-anggota baru.

Bacalah: Sejarah Singkat IPNU di Indonesia

“Tujuan dari ToT ini, tidak lain untuk menciptakan fasilitator di tubuh PKPT, sehingga sumber daya manusia dalam PKPT dapat meningkat. Karena sebentar lagi juga rekruitmen anggota baru, alumni-alumni ToT diharapkan dapat memaksimalkan pengkaderan untuk mereka” tutur lelaki yang akrab disapa Rekan Nasrul itu.

Di sisi untuk memaksimalkan kaderisasi bagi anggota-anggota baru, Nasrul juga menuturkan bahwa harapannya alumni ToT ini dapat membantu kaderisasi di PR (Pimpinan Ranting) ataupun PAC (Pimpinan Anak Cabang) masing-masing tempat tinggal mereka, lebih-lebih dapat membantu PC dalam mendampingi kaderisasi di seluruh PAC dan PR se-Banyuwangi.

“Tidak hanya di PKPT, kami berharap alumni ToT yang menjadi fasilitator ini dapat membantu memaksimalkan kaderisasi di PR ataupun PAC masing-masing tempat tinggal mereka. Bahkan diharapkan membantu tim kaderisasi PC dalam mendampingi kaderisasi-kaderisasi di seluruh Banyuwangi” imbuh Nasrul.

Selaras dengan harapan dari ketua PKPT IPNU Ibrahimy, salah satu tim kaderisasi PC IPNU Banyuwangi, Khozinul Mawahib memberikan jalan atas harapan Nasrul tersebut. Pihak kaderisasi PC IPNU Banyuwangi meminta agar nantinya alumni ToT ini dapat membantu pendampingan dalam pelatihan pimpinan-pimpinan di bawahnya, seperti halnya Instruktur. Dan hal itu diamini oleh alumni ToT.

Bacalah: Biografi Singkat KH. Tolchah Mansoer

“Kami dari tim kaderisasi PC IPNU Banyuwangi berharap nantinya rekan dan rekanita yang merupakan alumni ToT ini dapat membantu pelatihan-pelatihan di bawah. Hal ini dilakukan juga untuk proses rekan rekanita dalam menjadi fasilitator sekaligus sebagai bentuk kaderisasi informal bagi rekan dan rekanita sekalian” ujar Rekan Khozin dalam sambutannya ketika penutupan kegiatan tersebut.

Tidak hanya dari PC IPNU, PC IPPNU Banyuwangi yang kehadirannya pada saat penutupan kegiatan tersebut diwakili oleh Nila Auliya, yang juga ketua PKPT IPPNU Ibrahimy, menuturkan pula harapan dari Bidang Kaderisasi PC IPPNU Banyuwangi agar alumni ToT juga membantu pengkaderan di bawah nantinya.

“Saya di sini mewakili Bidang Kaderisasi dari PC IPPNU Banyuwangi, mendapatkan amanat untuk menyampaikan harapan untuk alumni ToT agar bersedia membantu kaderisasi di bawah, yakni di PR, PK (Pimpinan Komisariat), dan PAC” kata Nila Auliya yang akrab dipanggil Rekanita Nila dalam sambutan penutupan acara ToT tersebut.

Acara ToT PKPT IPNU IPPNU IAI Ibrahimy yang dimulai Jumat – Ahad, 25 – 27 September tersebut berjalan lancar sampai acara berakhir.

1 Response to "ToT Jadi Jembatan Pemantapan Kaderisasi di PKPT Ibrahimy"

osookk said...

PKPT IPNU IPPNU IAI Ibrahimy Joosss