Sejarah Singkat GMNI di Indonesia

sejarah-singkat-gmni-di-indonesia
logo GmnI

Sejarah Singkat GMNI di Indonesia - Di Indonesia banyak sekali organisasi kemahasiswaan. Juga platform-nya yang beragam. Ada yang keagamaan, keterpelajaran, dan nasionalisme. Yang akan kita bahas saat ini adalah organisasi mahasiswa ekstra kampus yang platform-nya adalah nasionalisme, yakni GMNI. Yuk kita bahas Sejarah Singkat GMNI di Indonesia.

Sejarah Singkat GMNI di Indonesia

Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia secara historis merupakan hasil fusi dari tiga organisasi mahasiswa nasionalis. Tiga organisasi tersebut adalah: (1) Gerakan Mahasiswa Marhaenis (Yogyakarta), (2) Gerakan Mahasiswa Merdeka (Surabaya), dan (3) Gerakan Mahasiswa Demokrat Indonesia (GMDI) di Jakarta.

Fusi tiga organisasi tersebut mulai tampak tanda-tandanya ketika pergantian periode (kepengurusan) GMDI. Dari kepengurusan yang lama yang dipimpin oleh Drs. Sjarief kepada kepengurusan yang baru, dipimpin oleh S.M. Hadiprabowo. Setelah GMDI mengalami pergantian kepengurusan tersebut, pengurus GMDI yang baru mengadakan sebuah rapat yang diselenggarakan di Gedung Proklamasi, yaitu di jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta. 

Bacalah: Sejarah Singkat PMII dan 13 Pendirinya di Indonesia

Dalam rapat itu terbesit sebuah ide untuk mempersatukan tiga organisasi nasionalis tersebut. Karena dirasa merupakan ide yang bagus bagi seluruh pengurus GMDI, akhirnya ide tersebut disampaikan kepada dua organisasi lainnya; Gerakan Mahasiswa Merdeka dan Gerakan Mahasiswa Marhaenis. Ternyata ide untuk fusi organisasi tersebut diterima dengan baik oleh ke dua organisasi tersebut.

Setelah itu ke tiga pimpinan dari organisasi-organisasi tadi mengadakan rapat, selepas melalui serangkaian pertemuan. Mereka menyelanggarakan rapat di rumah dinas Walikota Jakarta Raya (Soediro). Dalam rapat tersebut mereka menghasilkan beberapa kesepakatan:

Tiga organisasi tersebut setuju jika dilakukan fusi

Tiga organisasi yang fusi menjadi satu wadah tersebut bernama Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

Marhaenisme (ajaran Bung Karno) dijadikan sebagai asas GMNI.

Kongres pertama yang akan datang diadakan di Surabaya.


Punggawa-punggawa yang pada hari itu datang dari ke tiga organisasi tersebut adalah:

Dari Gerakan Mahasiswa Merdeka 

Dari Gerakan Mahasiswa Merdeka ini dihadiri oleh Slamet Djajawidjaja, Slamet Rahardjo, dan Heruman.

Dari Gerakan Mahasiswa Marhaenis

Dari Gerakan Mahasiswa Marhaenis yang hadir adalah Wahyu Widodo, Subagio Masrukin, dan Sri Sumantri Marto Suwignyo.

Bacalah: Sejarah Singkat IPNU di Indonesia

Dari Gerakan Mahasiswa Demokrat Indonesia

Dari Gerakan Mahasiswa Demokrat Indonesia yang hadir ialah S.M. Hadiprabowo, Djawadi Hadipradoko, dan Sulomo.


KONGRES I

Kongres pertama ini diadakan di Surabaya pada 23 maret 1954. Kongres ini mendapat dukungan langsung dari sang empu paham marhaenisme yang oleh GMNI dijadikan sebagai asas organisasi, sekaligus Presiden pertama bangsa Indonesia, Ir. Soekarno. Momentum Kongres I ini yang pada akhirnya ditetapkan sebagai Hari lahir GMNI, tepat tangga; 23 Maret 1954.

Pada Kongres I, GMNI ini menghasilkan beberapa kesepakatan:

1. Pengesahan nama GMNI sebagai hasil fusi dari tiga organisasi mahasiswa nasionalis.

2. Menetapkan M. Hadiprabowo sebagai pimpinan nasional GMNI.

Kongres pertama GMNI ini dijadikan sebagai awal untuk mengadakan Kongres-kongres berikutnya secara bertahap.

Bacalah: Sejarah Singkat Berdirinya HMI di Indonesia


INDEPENDENSI GMNI

Ketika Indonesia masih dalam masa-masa penjajahan, yaitu sekitar tahun 1930-an, dahulu GMNI (yang belum bernama) berafiliasi dengan Partai Nasional Indonesia (PNI). GMNI yang dulu menjadi underbow PNI, yaitu membantu dalam menjalani politik praktis PNI. Namun seiring waktu berjalan GMNI menyatakan diri untuk keluar dari afiliasi tersebut, dan menjadi organisasi yang independen.

Mungkin cukup itu untuk Sejarah Singkat GMNI di Indonesia. GMNI merupakan satu-satunya organisasi kemahasiswaan nasionalis. Adapun untuk siswa pun juga ada, yaitu GSNI (Gerakan Siswa Nasional Indonesia). Terimakasih sudah membaca artikel saya. Semoga dapat memberi manfaat dan jika rekan-rekan merasa akan bermanfaat juga bagi orang lain, silahkan di dishare sebanyak-banyaknya. Terimakasih.


0 Response to "Sejarah Singkat GMNI di Indonesia"