Dasar-Dasar Ilmu Politik: Politik Adalah

dasar-dasar-ilmu-politik-politika-adalah
Ilustrasi koran yang termasuk media politik

Dasar-Dasar Ilmu Politik: Ilmu Politik Adalah – Apakah pengertian dari ilmu politik itu? Apakah rekan-rekan pernah bertanya seperti itu? Di samping sekeliling kita penuh dengan upaya-upaya atau kegiatan-kegiatan politik. Sebelum masuk kepada pengertian ilmu politik, kita perlu mengetahui pengertian ilmu dan politik itu sendiri, sehingga dengan mudah kita dapat mengetahui pengertian ilmu politik secara keseluruhan. Ilmu adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang secata bersistem menurut terhadap metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang (pengetahuan) itu.

Pengertian politik secara umum adalah ilmu yang mempelajari tentang politik, atau mempelajari tentang kepolitikan. Kalau politik secara bahasa sendiri berasal dari bahasa Belanda, politeik, dan bahasa Inggris, yaitu politic. Namun secara akar, politik dalam bahasa Belanda dan Inggris tersebut, sebenarnya berasal dari bahasa Yunani, yaitu politica, yang memiliki arti “berhubungan dengan Negara”. Adapun akar katanya adalah polites (warga Negara) dan polis (Negara kota), serta politicos yang berarti kewarganegaraan. 

Jadi dari asal kata-kata di atas, secara terminologis, ilmu politik adalah sebuah ilmu yang mempelajari segala aspek kewarganegaraan (warga Negara, kota, dan Negara) dengan metode tertentu. Orang Yunani Kuno terutama Plato dan Aristoteles mengartikan politik dengan en dam onia atau the good life, orang Jawa biasa menyebutnya dengan ungkapan gemah ripah loh jinawi (tentram dan makmur).

Pengertian  ilmu politik tadi adalah kesimpulan kita yang diambil dari asal etimologi politik, lalu bagaimanakah pengertian politik menurut beberapa ahli? Berikut penjelasannya.


Politik Adalah: Menurut Beberapa Ahli

1. Plato & Aristoteles

Menurut Plato dan Aristoteles, politik adalah suatu usaha untuk mencapai masyarakat politik (polity) yang terbaik (Budiardjo, 2019:14)

2. Peter Merkl (1967:13)

Menurutnya, politik dalam bentuk yang terbaik adalah usaha mencapai tatanan sosial yang baik dan berkeadilan, sedangkan dalam bentuk yang paling buruk adalah perebutan kekuasaan, kedudukan, dan kekayaan untuk kepentingan diri sendir.

3. Rod Hague (1998:3)

Politik adalah kegiatan yang menyangkut cara bagaimana kelompok-kelompok mencapai keputusan-keputusan yang bersifat kolektif dan mengikat melalui usaha untuk mendamaikan perbedaan-perbedaan di antara anggota-anggotanya.

4. Andrew Heywood (1997:4)

Menurut Heywood dalam bukunya yang berjudul Politics, memberi pengertian politik sebagai sebuah kegiatan suatu bangsa yang bertujuan untuk membuat, mempertahankan, dan mengamandemen peraturan-peraturan umum yang mengatur kehidupannya, yang berarti tidak terlepas dari gejala konflik dan kerja sama .



Jadi dari pengertian politik yang disampaikan oleh beberapa ahli di atas, akhirnya memberikan kesimpulan pengertian ilmu politik secara kompleks,yaitu sebuah pengetahuan tentang suatu bidang politik, yang menyangkut tentang kesejahteraan, kedamaian, kepentingan, pengambilan keputusan. Jadi, politik dalam arti ini sangat dinamis pengertiannya. Berbeda dengan pengertian politik yang sekarang sudah melekat di masyarakat. Secara perspektif idealis yang tunggal, politik diartikan sebagai bentuk kekuasaan, perebutan kekuasaan, dan pencapaian yang tertuju pada finansial.

Dari beberapa pengertian politik yang disampaikan oleh beberapa ahli tadi, juga dapat memberikan pengetahuan kepada kita, bahwa ilmu politik itu terurai dalam beberapa konsep; yaitu, (1) Negara (state), (2) Kekuasaan (power), (3) pengambilan keputusan (decision making), (4) kebijakan (policy, beleid), dan (5) pembagian (distribution), atau alokasi (allocation).



Mungkin cukup itu saja pembahasan mengenai Dasar-Dasar Ilmu Politik: Politik Adalah. Semoga dari pemaparan di atas dapat memberi manfaat kepada rekan-rekan sekalian, sehingga dalam mengartikan politik dan ilmu politik rekan-rekan tidak salah persepsi atau memakai persepsi tunggal saja dalam mengartikannya. Terimkasih.

0 Response to "Dasar-Dasar Ilmu Politik: Politik Adalah"